Take a fresh look at your lifestyle.

Wisata Tangkuban Perahu – Short Trip to Bandung

Objek wisata andalan Jawa Barat dengan nuansa Legenda Sangkuriang

567

Wisata Tangkuban Perahu merupakan wisata andalan Jawa Barat yang sangat populer dengan cerita legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Nama tangkuban perahu sendiri diambil dari akhir cerita sangkuriang yang menendang perahu karena marah kepada dayang sumbi. Sehingga menjadi sebuah gunung yang berbentuk perahu yang terbalik. Tangkuban dalam bahasa indonesia berarti terbalik. Tangkuban perahu berarti perahu yang terbalik.

Dalam tulisan kali ini kita tidak akan membahas secara detil cerita legenda sangkuriang dan dayang sumbi. Tapi akan lebih kepada perjalanan wisata tangkuban perahu. Cerita legenda sangkuriang bisa dibaca lebih detil di link ini.

Wisata Tangkuban Perahu
Wisata Tangkuban Perahu

Menuju ke Wisata Tangkuban Perahu

Boleh dibilang perjalanan ke Bandung kali ini juga menjadi short trip yang lain. Seperti yang disebut dalam posting sebelumnya, yaitu setelah short trip ke jogja. Seperti juga jogja, Bandung mempunyai banyak tempat wisata menarik. Kalau di Jogja ada Malioboro, Bandung punya jalan Braga yang melegenda dengan bangunan-bangunan kuno nya.

Dari Surabaya ke bandung naik pesawat direct turun ke bandar udara Husein Sastranegara. Kita juga bisa tempuh perjalanan darat (kalau mau) dengan menggunakan kereta atau Bus. Tentunya memakan waktu lebih lama. Ke Bandung keli ini sebenarnya ada business trip ke salah satu partner disana. Setelah menjelang dhuhur, agenda saya sudah habis dan bersiap mau balik ke penginapan. Sambil berbincang, eh si partner bercerita tentang Gunung Tangkuban Perahu. Saya tanya dimana itu? ternyata letaknya sangat dekat dengan kantor mereka. Walhasil langsung saja saya minta rekomendasi persewaan mobil untuk berangkat kesana. Benar saja, hanya sekitar 45 menit sudah sampai dipuncak Tangkuban Perahu.

Kalau dari Kota Bandung, bisa ambil jalan kearah Lembang. Tepatnya dikawasan Ciater, Subang. Sesampai di puncak Tangkuban Perahu, kita akan mendapai tulisan besar bertuliskan Taman Wisata Alam Gn. Tangkuban Perahu Subang – West Java. Disitu biasanya point foto selfie pertama disini. 😀

Mount Tangkuban Perahu #tangkubamperahu #gunungtangkubanperahu #subang #wisatabandung #wisataindonesia #terfujilah #fujifilm #xf23mm #fujifilmXT1

Rute wisata di tangkuban perahu sudah diatur dengan baik. Jalan mengelilingi kawah menjadi lebih mudah ditempuh dan aman karena sudah dibentuk tangga. Dan setiap tepian jurangnya dibatasi dengan pagar sehingga pengunjung merasa lebih aman.

Sayang sekali saya datang kesana sudah agak sorean, sehingga tidak bisa mengeksplore seluruh kawah yang ada. Katanya si ada beberapa kawah lainnya selain kawah Ratu (saya belum tahu karena belum membuktikan sendiri). Kawah Ratu merupakan kawah yang paling kelihatan dari depan. Hanya dengan berjalan kaki turun melewati tangga dan area penjual handicraft, kita bisa langsung temui tulisam Kawah Ratu.

Tips

Oh iya, tips sedikit buat rekan-rekan yang mau kesini. Kawasan wisata ini tutup pada pukul 17.00 WIB sehingga kalau kesini jangan terlalu sore ya. Kalau terlalu sore  dipastikan anda kecewa. Karena sudah diusuruh keluar sebelum puas mengeksplor semua area di kawasan wisata populer di bandung ini.

Satu lagi, kawasan ini adalah gunung yang masih aktif sehingga kita harus aware dengan bau belerang yang menyengat. Terutama kalau musim penghujan. Oleh karena itu sangat disarankan kalau mau kesini, siapkan minimal masker untuk mengurangi kontak langsung dengan bau belerang.

Anyway, cerita saya ini sangat singkat karena memang perjalanannya juga singkat karena sudah hampir jam 17.00. (sudah mau tutup area wisatanya). Teman-teman yang mau berbagi mengenai kawasan wisata gunung tangkuban perahu ini, monggo dituliskan di kolom comment. Terutama tentang keberadaan kawah lain selain kawah ratu, saya masih penasaran ada dimana kawah yang lainnya.

Next time kalau ke Bandung lagi pengen balik kesini lagi. Juga ke Kawah Putih Ciwidey yang terakhir kali saya datangi tahun 2009 (sudah lama banget). Pengen ambil foto-foto nya dengan peralatan lengkap dengan harapan dapat foto yang bagus untuk dibagi di pergipergi.id

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

2 Comments
  1. Budyjullianto says

    saya juga udah lama nih ga main ke Tangkuban perahu, terakhir pas smp. infonya lengkap banget maz

    salam
    http://www.travellingaddict.com

    1. mastaqi says

      terima kasih mas @budyjullianto:disqus

      travel blog nya mas Budy kerena juga mas ^__^b, pergipergi.id masih baru, semoga bisa konsisten ngisinya seperti travellingaddict.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.