Wisata Pantai Mangrove Karang Kiring, Gresik

Bersepeda sambil menikmati keindahan Pantai Mangrove Karang Kiring yang berada di kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia

Pantai Mangrove Karang Kiring Gresik merupakan salah satu destinasi wisata yang berada desa Karang Kiring, Kabupaten Gresik. Seperti wisata pantai lain yang ada di Kota Gresik, pantai mangrove Karang Kiring ini juga berbatasan dengan pelabuhan dan kawasan industri yang berada di Gresik. Walaupun seperti itu, Pantai Mangrove Karang Kiring memiliki keindahan yang luar biasa, bersih dan rapi, apalagi setelah dilakukan pengecatan pada jembatan dan gazebo nya. Untuk mendapatkan pesona yang lebih wah, kamu bisa datang di sore hari untuk menikmati matahari terbenam bersama teman-teman atau orang terkasih.

Papan Informasi Desa Karang Kiring

Menuju Pantai Mangrove Karang Kiring

Untuk menuju ke pantai karang kiring ada 2 alternatif jalan:

  1. Jika kamu dari arah Surabaya ke Gresik melalui jalan Tol, setelah turun dari tol Romokalisari ambil arah ke kiri menuju kota Gresik, lurus terus hingga ada traffic light perempatan “Nippon Paint / Barata Indonesia”. Ambil arah ke kanan dan ikuti jalan hingga ada petunjuk jalan di kanan jalan yang menunjukkan informasi “Desa Karang Kiring”. Dari situ ikuti petunjuk jalan saja hingga menuju kearah pantai mangrove karang kiring. Jika kamu kesulitan menemukan lokasinya, penduduk sekitar sangat ramah untuk mengarahkan pengunjung ke lokasi.
  2. Jika kamu dari arah Lomongan, ambil jalan lurus terus hingga perempatan Sentolang / McDonald. Ambil jalan lurus melewati pasar sentolang, ambil jalan lurus di perempatan pertama hingga mentok ada pertigaan kamu bisa ambil jalan ke kanan. Sama seperti nomor 1, sesampai disini kamu tinggal melihat arah kiri sekitar 1 Km sampai ada sign papan besar bertuliskan Desa Karang Kiring.
  3. Alternatif ke-3 kamu bisa bertanya kepada mbah Google, kamu akan diberikan peta menuju pantai karang kiring ^__^

Bersepeda Ke Pantai Karang Kiring

Tepat di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76th, saya sengaja bersepeda keliling kota Gresik dan salah satu tujuannya adalah ke Pantai Karang Kiring. Karena penasaran banyak diunggah foto-fotonya oleh netizen di FB dan IG, langsung saja didatangi sambil berolah raga, daripada penasaran.

Bersepeda ke Pantai Karang Kiring

Jalan menuju pantai sangat bersahabat dengan pesepeda, apalagi jalanan masuk ke kampung yang lumayan sempit akan menyulitkan jika membawa mobil ke area ini. Selepas perkampungan menuju ke area mangrove, jalan masuknya sudah dipaving sehingga cukup tertata rapi. Saya tidak memperhatikan apakah ada penerangan yang memadai untuk pengunjung yang datang di sore hari untuk menikmati sunset di pantai ini.

Saya datang di pagi hari sehingga masih sangat sepi, bahkan portal masuk ke area mengrove masih dikunci. Untungnya saya menggunakan sepeda sehingga bisa lewat pinggir atau bisa diangkat sepedanya untuk masuk.

Saya tidak berlama-lama di pantai ini karena masih ada beberapa destinasi lagi yang akan kami kunjungi, supaya tidak terlalu siang. Kami mengambil beberapa foto untuk dokumentasi dan sayangnya warung yang ada lokasi gazebo masih belum buka, menurut info baru akan buka pada jam 08.00 WIB terutama di akhir pekan atau hari libur.

Sebulan Sebelumnya

Sebelum bersepeda ke pantai karang kiring kali ini, saya sudah kesini bersama 2 orang rekan (sebut saja HSW dan RI 😁) dengan tujuan utama memang hanya untuk mengambil gambar Pantai Karang Kiring dan menikmati hidangan khas Gresik yang tersedia di warung yang berada di lokasi Gazebo.

Kami dipandu oleh warga lokal yang juga mantan karyawan dari rekan saya HSW, beliau memberikan arahan jalan dan juga meminjam kunci portal menuju mangrove karang kiring yang pagi itu masih dikunci. Butuh kunci portal karena RI dan HSW datang menggunakan mobil.

Teman-teman sangat disarankan datang ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan roda dua ya, kalau mobil mepet sekali jalannya. Waktu itu rekan saya menggunakan kendaraan kecil saja roda nya masih keluar dari jalan.

Anyway… kami sampai di lokasi pantai karang kiring, kendaraan tidak diperkenankan untuk dibawa masuk ke lokasi, karena jembatan terbuat dari kayu sehingga mobil dan motor saya parkir dilokasi yang disediakan.

Langsung saja kami memutari lokasi dan mengambil beberapa foto, saat itu karena bukan hari libur, gazebo sangat sepi, hanya ada beberap orang yang datang untuk mengambil gambar juga seperti kami.

Ternyata HSW sebelumnya sudah berpesan kepada temannya untuk memesankan sarapan untuk kami, menunya khas masakan pinggir pantai Gresik. Ada asem-asem dan gorengan kepiting ditambah asem-asem bandeng, kerupuk dan sambelnya juga pedas sedap.

Kuliner Pantai Mangrove Karang Kiring