Tips mudik lebaran jalur darat

Mengemudi aman sampai tujuan

0
945

Tips mudik lebaran – Beberapa hari menjelang hari raya iedul Fitri menjadi momen penting tahunan bagi keluarga muslim Indonesia. Berkumpul dengan orang-orang tersayang, sanak family dan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Momen seperti ini membuat orang kadang rela mengorbankan lebih waktu dan uang untuk malakukan mudik.

Ngomong-ngomong tentang mudik, awalnya saya tidak punya desa untuk mudik. Baru 5 tahun ini saya bisa merasakan nikmatnya mudik. Karena sebelum menikah, semua keluarga saya tinggal di satu kota. Ada beberapa yang ingin saya share tentang mudik dalam tulisan ini. Terutama setelah kejadian kecelakaan tunggal yang saya alami. Intinya jangan memaksakan diri jika kondisi fisik sudah tidak memungkinkan atau mengantuk.

tips mudik lebaran
Tips mudik lebaran dari pertamina

Tips mudik lebaran versi saya:

  1. Persiapkan dari awal tujuan mudik dan rute mana saja yang akan ditempuh. Pastikan juga nanti akan mampir kemana saja. Barang bawaan disesuaikan dari awal sehinga tidak terlalu banyak yang dibawa.
  2. Persiapkan kendaraan yang digunakan. Sebaiknya check kondisi kendaraan ke bengkel langganan sebelum berangkat mudik, terutama yang jarak jauh. Check juga kondisi roda, hati-hati dengan roda yang sudah mulai habis grid / batik nya.
  3. Dalam perjalanan, ambil waktu istirahat jika dibutuhkan. Banyak posko mudik yang disediakan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta. Bahkan ada yang menyediakan peta mudik lengkap dengan posko dan tempat peristirahatan yang ada dijalur mudik. Seperti yang disediakan oleh semen gresik berikut (link).

    peta mudik
    Peta mudik
  4. Memaksakan diri terus mengemudi menyebabkan potensi kecelakaan lebih tinggi. Gantian nyetir dengan partner semobil atau tidur dulu di pom bensin atau di tempat peristirahatan. Jangan memberikan kemudi kepada rekan yang juga sedang mengantuk. Pengalaman saya digantikan menyetir oleh partner yang juga ternyata sedang mengantuk. Akhirnya terjadi kecelakaan, semoga tidak terjadi kepada pembaca.
  5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas. Patuhi jalur yang sudah ditentukan petugas.
  6. Jaga muatan kendaraan ketika perjalanan pulang. Biasanya banyak oleh-oleh dan bawaan yang dibawa dari kampung halaman. Muatan berlebih menjadikan kendaraan tidak seimbang dan mudah oleng.
  7. Kendalikan emosi, ingat perjalanan masih panjang. Pastikan selamat sampai tujuan.
  8. Selain kendaraan, pastikan membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen lebaran dikampung halaman ^__^b
tips mudik lebaran
Panen di kebun kampung halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here