Menikmati jagung bakar Tretes di musim hujan yang tidak kunjung berhenti walaupun secara musim di Indonesia harusnya sekarang ini sudah memasuki musim kemarau bisa jadi menjadi tujuan kuliner yang menarik. Dimakan dalam kondisi masih panas / hangat membuat dinginnya dataran tinggi Tretes menjadi lebih romantis apalagi kalau dinikmati bersama pasangan atau rame-rame bersama teman-teman.

Jagung bakar yang dihidangkan bisa masih dalam bentuk utuh (jagung) yang diberi rasa-rasa pedes ataupun manis, ada juga versi yang sudah diserut bagi yang tidak mau bersusah payah “ngerokoti” jagung nya. Tempat favorit untuk nongkrong menikmati jagung bakar tretes ini biasanya paling ramai ada di daerah depan hotel Surya dan pasar tretes. Atau tepatnya di sekitaran pertigaan. Waktu paling ramai ditempat ini biasanya di malam minggu dan waktu liburan tanggal merah. Sampai-sampai anda akan kesulitan mencari tempat parkir, terutama yang kesini menggunakan mobil.

Roasted corn sellers #tretes #jagujgbakar #pandaan

OTW Jagung Bakar Tretes

Malam minggu kemarin, tiba-tiba muncul ide untuk pergi ke tretes untuk sekedar mencari makan malam dan mencicipi jagung bakar. Dari arah Surabaya, Jawa Timur, langsung saja masuk tol panjang dan turun porong dan masuk ke jalan arteri baru. Ada dua alternatif jalan menuju dataran tinggi tretes. Bisa langsung cuss lewat arteri porong lanjut ke tol baru dan turun di perempatan depan Taman Dayu. Dari situ ambil arah lurus balik sedikit ke arah surabaya, sampai di tikungan pertemuan arus di daerah Masjid Cheng Ho (sebelumnya) ambil arah ke kiri dan naik ke atas ke arah Tretes.

Jalur kedua, dari tol turun dan masuk ke arteri baru porong atau langsung lewat porong lama. Dari situ lanjut lurus lewat bawah sampai di Cheng Ho ambil ke kanan dan ikuti jalan naik kearah Tretes.

Dan sesampai diatas, benar sekali seperti prediksi kalau malam minggu bakalan kesulitan untuk mencari tempat parkir. Untungnya saat itu saya berangkatnya agak sorean dan sebelum maghrib sudah sampai diatas tretes, jadi masih ada beberapa tempat parkir kosong walaupun agak jauh sedikit.

Langsung saja menelusuri jalanan puncak tretes untuk mencari cemilan dan yang wajib adalah Jagung Bakar ^__^b. Dan tidak lupa kalau disini pasti saya menyempatkan untuk membeli pisang ambon yang juga khas daerah sini sebagai oleh-oleh buat si kecil yang suka banget sama pisang. Ada tempat disini yang oleh orang-orang disebut pasar pisang tretes.

Suasana benar-benar menjadi romantis ketika hujan deras mengguyur seantero tretes. Jagung bakar pesenan saya pun sudah datang. Saya pesan dua porsi jagung, dua jagung utuh dan dua porsi jagung serutan yang disajikan dalam mangkuk kecil.

Tertarik? lansung saja datang kesini…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here