Take a fresh look at your lifestyle.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) – Ikon kota Surabaya

Hiburan rakyat yang mulai terkikis oleh waktu

551

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan kebun binatang yang pernah menjadi kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. Terdapat lebih dari 350-an species dan lebih dari 2000-an binatang didalamnya. Kebun Binatang Surabaya menjadi sorotan akhir-akhir ini karena pengelolaan kebun binatang yang dianggap kurang profesional. Ditambah banyaknya binatang yang meninggal beberapa tahun terakhir ini.

Di masa jaya nya, KBS menjadi pilihan utama warga surabaya dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan. Terutama keluarga yang mempunyai anak kecil dan remaja. Sekolah-sekolah juga menjadikan KBS sebagai tujuan wisata akhir tahun pelajaran dan sarana belajar anak didiknya. Sekarang banyak tempat hiburan lain di Surabaya, mall-mall juga nampaknya lebih mempunyai magnet dari pada KBS. Beberapa kota disekitar Surabaya juga sudah mulai mempunyai taman hiburan sendiri. Ada juga yang mempunyai kebun binatang yang lebih bersih dan bagus pengelolaannya. Seperti Batu, Malang yang mempunyai Batu Secret Zoo dan Jatim Park.

Kebun Binatang Surabaya Kini

Bagi sebagian besar orang mungkin KBS sudah tidak menarik. Terutama yang sudah terbiasa hidup diperkotaan dengan tempat hiburan yang memadai. Anak-anak jaman sekarang juga sudah lebih familiar dengan gadget ditangannya masing-masing.

Namun hal itu tidak mengurangi minat sebagian besar warga lainnya untuk tetap datang ke KBS. Beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga menyempatkan diri jalan-jalan ke Kebun Binatang Surabaya. Sengaja kami datang lebih pagi supaya mendapatkan parkir ditempat yang enak dan teduh. Setelah membeli tiket masuk yang tergolong murah, Rp. 15.000,- untuk orang dewasa. Kami langsung disambut dengan kepakan indah sayap burung merak.

Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Burung Merak di Kebun Binatang Surabaya

Langsung saja anak-anak langsung kegirangan melihat tingkah binatang-binatang didalam KBS. Mereka terus menanyakan dimana Gajah, mongkey, jerapah dan Lion yang menjadi binatang favorit nya. Kami pun terus berjalan menelusuri jalanan KBS, disebelah kiri dan kanan ada berbagai macam satwa. Yang paling membuat agak kecewa adalah ketika sampai di kandang harimau. Dulu di area itu diisi oleh harimau semua, tapi sekarang hanya dua kandang yang berisi macan. Populasi di KBS memang tambah sedikit, seperti yang banyak diperbincangkan di media.

Tidak lama kemudian mulai banyak berdatangan rombongan-rombongan yang nampaknya dari sekolah. Ada banyak juga keluarga-keluarga yang menghabiskan waktunya disini. Semakin siang, area permainan sudah mulai buka. Kami langsung menuju kearah wisata perahu untuk naik dan berfoto diatas perahu. Dalam perjalanan perahu, terlihat KBS sedang berbenah. Ada alat-alat berat yang terparkir dan beberapa sedang bekerja memperbaiki wahana dan jalan. Semoga perbaikan berjalan lancar dan KBS bisa kembali seperti masa jayanya dulu.

DSCF9421

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

DSCF9441

DSCF9396

DSCF9393

DSCF9409

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.