Take a fresh look at your lifestyle.

Kawah Sikidang, Salah Satu Wisata Unggulan Dieng Wonosobo

171

Kawah Sikidang, merupakan salah satu wisata unggulan Dieng Wonosobo. Kawah Sikidang merupakan sebuah kawah aktif yang terbesar dikawasan dieng. Selain kawahnya, kawah ini memiliki cerita asal usul kawah sikidang yang menarik untuk diikuti ceritanya. Masih ada beberapa kawah lagi di area ini tapi untuk mencapainya membutuhkan effort lebih. Dan juga kadar belerang yang lebih tinggi membuat sikidang menjadi tujuan utama wisata kawah di Dieng Wonosobo. Kawah Sikidang

Dengan adanya gelaran Dieng Culture Festival yang digelar setiap tahunnya, sikidang menjadi salah satu kawasan wisata dieng yang mendapat perhatian wisatawan. Pesona kawah nya yang masih aktif dan mudah dijangkau menjadi daya tarik untuk melakukan swafoto a.k.a selfie. Atraksi asap kawah yang muncul dari kawah utama dan yang muncul dari patahan-patahan jalan sekitar kawah utama membuat pengelola semakin aware dengan keamanan wisatawan.

Pagar-pagar kayu dipasang untuk menjaga agar wisatawan tidak terlalu dekat dengan mulut kawah yang bisa membahayakan nyawanya. Untuk menambah daya tariknya, pengelola menambahkan beberapa atraksi dan permainan yang melibatkan pengunjung. Didepan pintu masuk / tiket, langsung bisa ditemukan tulisan besar yang menunjukkan nama besar Kawah ini. Motocross juga disewakan untuk pengunjung, dengan medan yang memadai, pengunjung banyak yang tertarik memainkannya.

Kawah Sikidang

Di lokasi juga bisa anda temukan beberapa spot yang memang disiapkan untuk foto-foto. Diantaranya adalah sebuah mobil jeep offroad yang di parkir sedemikian rupa hingga menarik perhatian. Ada juga orang berpakaian hantu seperti di film SCREAM yang siap untuk diajak berfoto.

Tips berwisata di Kawah Sikidang

Seperti kawah-kawah lainnya, Kawah Sikidang juga tinggi akan kandungan sulfur atau belerang serta zat beracun lainnya. Oleh sebab itu bau gas yang keluar sangat menyengat dan beracun. Untuk itu itu, jika berwisata ke Kawah Sikidang, Anda disarankan untuk memakai masker atau penutup mulut lainnya agar tidak keracunan gas. Anda juga harus mematuhi rambu-rambu yang tertera di dekat kawah yang melarang pengunjung untuk menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah. Api yang mengenai zat-zat dari gunung berapi bisa memicu ledakan dan kebakaran.

Satu lagi yang juga wajib anda perhatikan adalah kondisi tanah didaerah kawah sangat rapuh. Kalau boleh pinjam kata-kata yang selalu diputar ketika mau turun dari Bus Trans Jakarta, “Watch your step and step carefully”. Karena kadar sulfur yang sangat berbahaya, sebaiknya waktu anda berada di kawah ini dibatasi tidak terlalu lama, apalagi jika mengajak anak-anak yang masih belum bisa melindungi dirinya.

Oiya, bagi kamu yang bepergian sendiri atau berkelompok dan tidak ingin ketinggalan berfoto atau tidak membawa kamera. Dikawasan wisata ini ada loh fotografer lokal yang menawarkan jasanya. Tips yang diminta juga tergolong wajar, dengan accessoris yang dia bawa. Salah satunya adalah beberapa ekor burung hantu yang siap untuk berfoto bersama anda.

Berkunjung ke kawah Sikidang merupakan sebuah pengalaman tersendiri bagi saya dan mungkin kita semua. Karena bisa melihat secara langsung sebuah kawah yang masih aktif sedang bereaksi. Selamat berwisata dan tetap utamakan keselamatan anda ^__^.

DSCF3088

DSCF3123

DSCF3103

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.