Take a fresh look at your lifestyle.

Ha Long Bay – World of new 7 Wonders at Vietnam

Ha Long Bay yang mempunyai arti Naga Turun dilautan

589

Ha Long Bay – kini telah masuk kedalam salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru menurut organisasi new 7 Wonders. Lalu seperti apakah halong bay itu? Bagi anda yang belum pernah kesana mungkin bertanya seperti itu. Bagi orang Indonesia, bisa dibilang tempat ini mirip-mirip lah seperti Raja Ampat di Papua (Irian Jaya).

Ada beberapa tempat wisata menarik di Vietnam seperti Chu Chi Tunnel (tempat pertempuran vietnam dengan Amerika yang terkenal dengan film Rambo nya), Danau-danau cantik di Hanoi (hanoi terkenal sebagai kota 1000 danau), museum Ho Chi Minh dan lain-lain yang bisa didatangi sewaktu di Vietnam. Tapi kebanyakan orang menganggap kalau ke Vietnam tapi belum menginjakkan kaki ke Ha Long Bay dianggap masih belum pernah ke Vietnam :D. Oleh karena itu siapkan kamera untuk berfoto di sana sebagai bukti kalau sudah pernah kesana, oh iya… jangan lupa selfie ya ^__^

Ha Long Bay

Menuju ke Ha Long Bay

Untuk sampai di Teluk Ha Long, jelas kalau dari luar negeri terutama indonesia, kita harus naik pesawat dulu dengan tujuan Hanoi. Kalau dari Indonesia ada beberapa rute yang bisa kita tempuh. Rute pertama melalui singapura, maka kalau berangkat dari surabaya atau jakarta biasanya harus transit terlebih dahulu di bandara Changi, Singapura atau bisa lewat Hongkong dan lanjut ke Hanoi langsung atau ke Ho Chi Minh terlebih dahulu tergantung pesawat apa yang digunalan.

Rute kedua, lewat Bangkok. Kebetulan waktu itu saya sangat seting pulang pergi ke vietnam karena ada sebuah project yang harus diselesaikan. Walhasil biar tidak bosan dengan rute yang sama terus, sesekali coba ke vietnam via Bangkok. Lumayan ada suasana baru (tempat nunggu transitnya yang baru 😀 ).

Dari Hanoi ke Ha Long, kita masih harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam ke arah provinsi Quang Ning. Ada yang unik dalam perjalanan dari kota Hanoi menuju provinsi Quang Ning, selama perjalanan darat, mobil yang kami tumpangi tidak pernah berjalan dengan kecepatan diatas 60km/jam, bahkan di beberapa tempat ada peraturan yang mengharuskan jalan 10km/jam.

Ditengah perjalanan, kira2 setengah perjalanan lagi menuju propinsi Quang Ning, terdapat rest area yang cukup besar. Jadi teringat jajanan yang mirip lemper agak besaran yang dibawakan oleh seorang teman dari quang ning seminggu sebelum nya. Rasanya enak si, tapi ketika kami tanyakan ke penerjemah yang kami ajak, ternyata isi didalam nya adalah daging babi (whaat!!!), truuus brarti yang kami makan sebelumnya adalah babi ?. Bagi muslim yang tidak makan  babi agar berhati-hati dengan makanan di vietnam, terutama yang isi nya daging. Karena secara default biasanya babi. Bagi rekan2 yang non muslim atau yang biasa makan daging babi, disini lah surga nya.

Kami pun melanjutkan perjalanan, dan dua jam dari rest area, tiba lah kami di propinsi Quang Ning. Menuju kearah pinggiran pantai, ternyata pemandangan pantai ha long sangat indah. Terlihat dari jauh bebatuan karst terhampar banyak di lautan, membuat semakin tidak sabar untuk segera naik kapal dan berada ditengah-tengah nya.

Pelabuhan Bay Chai

Langsung saja kami menuju pelabuhan untuk memesan tiket dan sewa kapal untuk mengarungi teluk Ha Long. Karena kami datang nya siangan, maka kapal sudah full engage. Jadi kami putuskan untuk berangkat keesokan hari nya. Nego kapal pun dimulai, untung nya kami bawa penerjemah vietnam-inggris-(indonesia juga bisa si), jadi nego nya sangat terbantu. Waktu itu kami sewa kapal eksklusif untuk kami pakai sendiri. Cukup murah, 2juta Vnd atau sekitar 1jt Rupiah. Kapal bisa dari mulai pagi jam 6.30 waktu setempat hingga sore hari, sampai puas. Menurut kapten kapal nya, rute yang bisa kami tempuh adalah 2, rute sedang dan rute jauh. Kalau rute jauh sepertinya tidak bisa kami pilih karena bakalan menghabiskan waktu sampai sore bahkan malam, sedangkan sore hari kami harus segera lanjut ke agenda berikutnya di salah satu pabrik semen disini yang sudah diakuisisi oleh BUMN Semen asal Indonesia guna implementasi ERP SAP.

Bai Chay Bridge, Ha Long Bay, Vietnam

Sambil menunggu keesokan harinya, kami berkeliling sekitaran pantai Ha Long untuk menikmati suasana. Salah satu yang menarik perhatian yang membentang menyatukan dua daratan, yaitu jembatan Bai Cai. Jembatan ini cukup indah, setiap kapal yang akan masuk ke wilayah pabrik di provinsi Quang Ning pasti akan lewat dibawah jembatan ini. Selain itu ada juga pasar tempat mencari oleh-oleh. Teman2 disini langsung heboh ketika melihat beberapa penjual nya punya tampang yang mirip bintang film mandarin ??

pasar Ha Long Bay
Penjaga gerai nya mirip bintang film mandarin ^__^

Tibalah di hari-H, pagi hari jam 6 kami sudah standby di lokasi pelabuhan karena sudah tidak sabar untuk segera berangkat. Akhirnya jam 6.30 sesuai janji dengan kapten kapal nya, kami langsung berangkat ke teluk Ha Long.

deretan kapal yang siap melayani ke Ha Long Bay

Langsung saja dengan semangat kami masuk kedalam kapal mengambil posisi wuenak untuk menikmati pemandangan Ha Long, saya pribadi langsung naik keatas dek kapal yang memang disediakan untuk duduk menikmati pemandangan. Bebatuan karst berjejer menjulang dengan indah nya… kami pun langsung mengambil beberapa foto untuk kenangan. Yang paling mengesankan adalah adanya floating market, atau minimal ada yang jualan keliling teluk ini menawarkan jajanan dan makanan. Ditengah-tengah ha long, ada sebuah gazebo lumayan besar yang isinya penangkaran ikan yang bisa kita beli untuk dimasak di kapal. Kami memutuskan untuk berhenti sejenak untuk belanja ikan sebagai makan siang kami nanti.

Ha Long Bay
Floating market – Ha Long Bay

Beberapa jam kami mengelilingi naga-naga yang bersemayam di teluk ha long, ada juga batu karst yang berbentuk seperti ayam.

Pemberhentian berikutnya selama di teluk ha long adalah Dau Go Cave, akan saya tulis di post berikutnya.

Beberapa keseruan selama di Ha Long Bay:

Kelucuan selama mengarungi ha long bay
Keseruan selama mengarungi ha long bay

Narsis dulu di Ha Long Bay
Foto wajib tim di Ha Long Bay

Nahkoda dadakan
Jadi nahkoda dadakan :p

Get real time updates directly on you device, subscribe now.