Take a fresh look at your lifestyle.

Eksotisme danau Singkarak dan danau Maninjau

Kearifan lokal yang perlu dilestarikan

523

Eksotisme danau Singkarak dan danau Maninjau sangat diaukui oleh dunia internasional. Dan beberapa tahun ini, wilayah sekitar danau singkarak dan danau maninjau dijadikan arena balap sepeda internasional, tour d’singkarak. Melanjutkan perjalanan setelah dari kota padang menikmati tapi lauik di pantai padang dan semua agenda dikota padang sudah selesai, kami memutuskan untuk bergeser ke Bukit Tinggi dan menikmati keindahan danau singkarak dan danau maninjau ditengah perjalan kesana.

Sekitar 1 jam perjalanan yang menempuh +- 100Km dari Kota Padang lewat padang panjang. Akhirnya tibalah kami di Danau Singkarak yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Cerita Selengkapnya tentang geografis danau singkarak bisa dibaca di link ini. Ketika mau memasuki kawasan danau singkarak, pertama kali kita akan disajikan pemandangan dari atas bukit yang begitu mempesona. View danau yang indah dikelilingi oleh pegunungan yang sejuk membuat kami semakin tidak sabar untuk turun dan menikmati keindahannya langsung ditepi danau.

Untuk ketepian danau, terlebih dahulu harus melewati jalan berkelok yang terkenal dengan nama kelok ampek ampek ( orang meinang menyebutnya untuk sebutan kelok 44 ). Dan beneran seperti namanya, kelok nya berjumlah sebanyak 44 dengan kelokan yang curam dimasing-masing belokannya. Dan masing-masing belokannya diberikan tanda angka yang dimulai dari 44 dari atas ke bawah. Kelok lain yang terkenal di Sumatra Barat adalah kelok sembilan yang berada di jalur menuju Pekan Baru kalau ditempuh dari kota Bukit Tinggi.

Kelok ampek ampek
Kelok ampek ampek (read: kelok 44)

Pengalaman melewati kelok ampek ampek ini sulit untuk diceritakan dengan kata-kata. Anda harus merasakan dan melihatnya sendiri untuk melihat dan keindahan alam sekitar danau singkarak. Ditengah perjalanan mendekati kelok terakhir, ada sebuah rumah adat Bagonjong yang berdiri kokoh menambah nuansa eksotisme Danau Singkarak.

Eksotisme danau singkarak dan maninjau
Eksotisme danau singkarak dan maninjau

Sesampai dibawah, hamparan danau yang luas menunjukkan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Selain keindahannya, danau ini juga menghidupi warga sekitar dengan banyaknya penangkaran ikan dan budidaya ikan dan tanaman laut. Selain itu, semakin gencarnya promosi wisata yang dilakukan oleh pemerintah dan yang berkepentingan membuat peluang kerja dan usaha meningkat. Minimal warga sekitar bisa bekerja di perusahaan travel wisata, wahana wisata disekitar danau, atau berjualan makanan dan kerajinan tangan untuk oleh-oleh wisatawan. Banyak juga yang menawarkan diri menjadi pemandu wisata musiman.

Eksotisme Danau Singkarak
Penangkaran ikan dan tanaman di Danau Singkarak

Yang tidak boleh terlewatkan ketika sampai disini adalah mengambil beberapa foto sebagai kenangan kalau sudah pernah datang kesini. Foto keindahan alam sudah pasti harus diabadikan, dan satu lagi yang sepertinya wajib adalah foto narsis dan selfie dengan background danau singkarak.

Danau Singkarak

Hari mulai sore, artinya kami harus segera melanjutkan perjalanan menuju destinasi berikutnya, yaitu Bukit Tinggi. Sekitar 1 sampai 2 jam lagi perjalanan, kita akan bisa melihat jam Gadang sebagai icon kota yang pernah menjadi ibu kota negara sementara pada awal-awal kemerdekaan RI ^__^b

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.