Take a fresh look at your lifestyle.

Dao Go Cave – Goa tersembunyi di Ha Long Bay

Salah satu goa terbesar di Ha Long Bay

522

Dao Go Cave merupakan salah satu goa yang berada di salah satu bukit di Ha Long Bay. Goa Dao Go menurut cerita dari pak kapten kapal merupakan goa terdekat dari tepi pantai ha long yang keindahan goa nya sudah diakui. Apalagi ditambah dengan sorotan lampu warna-warni yang membuat suasana goa menjadi lebih indah dan eksotis.

Kedatangan kami di Dao Go Cave masih dalam rangkaian perjalanan mengarungi Ha Long Bay. Yang katanya kalau sampai di goa ini berarti sudah setengah perjalanan kalau mengambil rute terjauh. Kalau ambil rute medium berarti goa ini merupakan tujuan akhir perjalanan dan dilanjut perjalanan memutar menuju pelabuhan lagi.

Didalam Dao Go Cave

Tidak menyangka sebelumnya kalau bakal ada pemberhentian di Ha Long Bay. Apalagi pemberhentian tersebut adalah sebuah goa yang sangat cantik. Langsung saja kami turun dan mengabadikan beberapa foto didepan pintu masuk Goa.

Dao Go Cave - Ha Long Bay
Jembatannya mirip di film-film mandarin 😀

Untuk masuk goa ini ternyata kita masih harus melewati perjalanan naik tangga yang lumayan. Dimulai dari jembatan panjang, dilanjutkan dengan tangga naik ke mulut goa. Lumayan juga naiknya sampai sempat berkeringat sedikit dan ngos-ngosan juga karena lama tidak olah-raga 😀 .

Dao Go Cave - Ha Long Bay
anak tangga menuju mulut Dao Go Cave

Tapi sesampai didalam gua, rasa  capek dan ngos-ngosan tersebut langsung terbayar dengan melihat indahnya goa. Menariknya, wisatawan yang datang kesini berasal dari berbagai negara. Nampaknya wisata goa dao go ini dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Promosinya sampai menarik perhatian panitia world of new 7 wonders yang menyematkan gelar new 7 wonders untuk Ha Long Bay.

Goa ini menjadi menarik karena ukiran alami dari stalaktub dan stalaknit yang terbuat secara alamiah beratus tahun lamanya. Selain itu ditambah dengan padanan lampu warna-warni dan jembatan penghubung yang memudahkan pengunjung mengeksplorasi semua ruangan didalam Goa.

Dao Go Cave - Ha Long Bay
Warna-warni Da Gao Cave

Seperti di beberapa tempat lain di dunia, ada tempat ritual yang agak nyeleneh. Kalau di Dao Go ini ada tempat di pojokan yang berisi uang recehan. Katanya si biar rejeki nya nambah dan bisa kembali ke Ha Long Bay lagi suatu hari. Uang recehan kertas dan koin yang sudah ada disana banyak sekali. Bahkan setelah saya lihat dengan seksama, ternyata ada uang kertas rupiah seribuan. Sebelum kami masuk goa ini nampaknya ada juga orang indonesia yang kesini di hari yang sama. Tapi karena wajah orang asia agak mirip-mirip, makanya kami tidak bisa mengenali mereka.

Dao Go Cave - Ha Long Bay

Setelah puas mengeksplorasi Goa, kami memutuskan untuk kembali ke Kapal. Karena memang waktunya terbatas karena harus segera kembali ke daratan. Sebelum kembali ke kapal, tepat di pintu keluar goa, bisa dilihat pemandangan kapal yang sedang parkir diantara perbukitan karst.

Dao Go Cave - Ha Long Bay

Sebenarnya masih ingin mengeksplore ha long bay ke rute yang lebih jauh, tapi apa daya waktu terbatas. Mungkin kalau ada kesempatan kesini lagi lain kali, bakal langsung pesen rute terpanjang supaya tidak penasaran. Dengan kembali nya kami ke kapal menuju ke pelabuhan, maka berakhir sudah perjalanan ke Ha Long Bay kali ini. Tapi perjalanan kami di Vietnam masih belum berakhir, jadi tunggu laporan selayang pandang selanjutnya di www.pergipergi.id ya…

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.