Take a fresh look at your lifestyle.

Cerita Jalan-Jalan Ke Karimunjawa – Day 1

1,959

Oke, ini sekedar cerita jalan-jalan di Karimunjawa pas long weekend awal Mei 2016. Sebetulnya sih ini target ritual liburan yang biasa dilakukan pas libur semesteran. Tapiii karena libur semester bertepatan dengan puasa, jadi yah mari kita percepat liburannya hehehe…

Oke, first ngumpulin dulu siapa yang mau ikut, dan eng ing eng, seperti biasa kalau rombongan gedhe selalu saja ruwet, mulai kapan berangkatnya, naik apa dan lain lain.  Soal tanggal sudah gak sama.  Tapi sebelum aku ceritain panjang, perlu aku info ke semua pembaca artikel ini, bahwa kalau kamu mau ke Karimunjawa, yang pertama dicek adalah jadwal penyeberangan kapal! Karena memang jadwal penyeberangan kapal tidak tiap hari ada.  Ada 2 jenis kapal yang menyeberang ke sana yaitu kapal Fery yang kapasitasnya sekitar 200an penumpang, tapi mobil bisa ikut nyeberang.  Tiket pembelian Fery baru dibuka 2 jam sebelum kapal diberangkatkan.  Lama perjalanan 4 jam.  Dan kapal express yang kapasitasnya 425 orang namun hanya orang doang yang bisa diangkut.  Tiket dibukanya bisa lebih awal, seperti halnya kereta api. Lama perjalanan 2 jam.  Tentu saja tiket kereta cepat lebih mahal daripada Fery.

Sebaiknya pilih yang mana? Saya merekomendasikan naik kapal express dengan mempertimbangkan kenyamanan, lama perjalanan, dan kepastian keberangkatan.  Kapalnya sungguh nyaman dan ada film yang ditayangkan.  Seat juga ada nomernya sehingga lebih ada kepastian dapat tempat duduk, juga adanya life jacket di bawah tiap seat.

Begitulah penampakan dalam kapal Express Bahari

Oh ya sedikit cerita, karena liburan kemaren pas banget sama loooong weekend, sehingga beberapa hari kabarnya agak kisruh seputar penyeberangan ini sehingga kapal bisa di on dan off kan di injury time.  So bagi yang mau ke sana pas peak season pastikan ke travel agent kamu mengenai kepastian tanggal ini.  Jangan sampai udah jauh-jauh nyampe pelabuhan eh gak bisa nyebrang. Sayang kan..

Oke lanjut cerita ya.. Akhirnya setelah urus sana urus sini yang cukup panjang, akhirnya semua keluarga besar sudah sepakat (Bapak-Ibu, Adik-Adik dan ponakan-ponakan juga) buat berangkat.  Day 1, kita rame-rame berangkat dari Surabaya pukul 8an malam naik Elf panjang kapasitas 19 orang buat kita ber 15.  Rame, seru dan Asyik.  Sampai di Pelabuhan Kartini Jepara jam 5.30, rencana kapal berangkat jam 7 pagi.

Day 2, Setelah kapal mengisi solar yang lumayan cukup makan waktu akhirnya kita berangkat juga.  Perjalanan hampir 2 jam.  Berangkatnya agak sedikit molor karena kapalnya juga rada telat dan mesti ngisi bbm dulu. Tapi nyampe Pelabuhan Karimunjawa gak terlalu telat juga.

Pelabuhan Karimunjawa, di sini liburan dimulai 😀

Setelah perjalanan yang cukup panjang, tapi gak terlalu melelahkan sampailah kita di Pelabuhan Karimunjawa.  Di sini kita bisa nunggu di ruang tunggunya, yang kebetulan waktu itu karena high season padat banget dan tentunya panas hehehe..

Finally kita mau diantar ke penginapan kita.  Naik Kijang, so mesti dua kali buat jemput seluruh pasukan.  Jarak ke homestay kita gak terlalu jauh.  Gak nyampe 10 menit udah sampai di homestay kita.

Alhamdulillah, rejeki anak sholeh.  Rombongan kita dapat satu homestay yang cukup nyaman.  Dari yang sebelumnya mestinya dapet yang kamar mandi di luar, eh dapat kamar mandi dalam, dan kita dapat satu homestay buat seluruh rombongan kita sendiri. Alhamdulillah….

Itu foto homestay kita. Lumayan nyaman.. Alhamdulillah

Nyampe di homestay yang lokasinya di Kapuran (deket sama Pelabuhan) langsung deh, bongkar muatan, trus leyeh-leyeh naruh pantat sama punggung di kasur :D.  Homestaynya kita cuma dapat fan, dannnn ini catatan ya yang mau ke Karimunjawa, di sini listrik cuma ada jam 2 siang sampai jam 8 pagi.  Kalau di hotel mungkin mereka pake genset sendiri ya.  Tapi kalau di rumah penduduk atau homestay listrik cuma di jam itu.  So, di luar jam itu mau pake ac apa fan sama juga.. Gak bisa! Kabarnya sih dalam waktu dekat udah mau 24 jam sih, semoga aja.

Setelah itu sholat dan maksi dulu dong.  Di sini kaya dengan ikan, so selama di sini selalu ada menu ikan.  Baguslah.. Sehat 🙂

Ini menu maksi kita, hari pertama di Karimunjawa. Nasi, tempe goreng, ikan teri basah goreng tepung, asem-asem ikan kembung, krupuk dan es degan

Habis menghajar maksi, next kita siap-siap menjelajah Karimunjawa nih.  Balik lagi kita ke pelabuhan naik perahu kecil kapasitas 20 orang gitu.  Start jam 1 siang, perjalanan kali ini kita mau dibawa ke pulau Karimunjawa di sisi timur pulau.  Kita snorkling dan diakhiri wisata hari ini dengan menyaksikan sunset di Tanjung Gelam.

Jpeg
Snorkling Di seputaran Karimunjawa

Di sini ikannya banyak sekali. Tinggal bawa remahan roti udah deh kita dikerubuti ikan :D. Percaya aja ya kalo itu aku yang di foto 😀
Warung-warung di Tanjung Gelam. Lumayan buat beli makanan kecil dan minuman buat ganjal perut setelah snorkling
Jpeg
Suasana Sunset di Tanjung Gelam yang romantis

Hari beranjak senja.. Pukul setengah 6 meluncurlah kita pulang ke penginapan.  Sepanjang perjalanan di laut hanya kelihatan kegelapan…

Next tunggu cerita day 2 di Karimunjawa ya….

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

6 Comments
  1. mastaqi says

saya sudah g sabar pengen baca kelanjutannya 😀

2. adenobi says

buat anak2 batita cocok ga bu?

1. Rini Indrawati says

Saya kemaren ajak keponakan umur 5 tahun. Alhamdulillah bisa diajak snorkling. Kalau batita mau diajak mungkin bisa. Tp tentunya terbatas ya obyek yg bisa dikunjungi. Karena wisata di sini sebagian besar wisata pantai dan laut. Atau tunggu aja gedhean dikit 😀

2. mastaqi says

langsung aja @adenobi:disqus , asal batita nya g diajak snorkling aja hehehe

3. Rini Indrawati says

@adenobi:disqus , Saya kemaren ajak keponakan umur 5 tahun. Alhamdulillah bisa diajak
    snorkling. Kalau batita mau diajak mungkin bisa. Tp tentunya terbatas ya
    obyek yg bisa dikunjungi. Karena wisata di sini sebagian besar wisata