Masih ingat kebijikan Presiden Jokowi yang akan membangun bendungan atau waduk untuk membangkitkan kembali pertanian dan perikanan di Indonesia. Saking pentingnya, sampai presiden merencanakan membangun puluhan waduk yang sebagian sudah mulai dan ada yang sudah selesai dibangun. Salah satu waduk yang paling terasa manfaatnya di banyumas adalah Bendung Gerak Serayu yang terletak di Gambarsari, kecamatan Rawalo, Kabupaten Kebumen. Lebih tepatnya diantara perbatasan cilacap kebuman dan purwokerto.

Bendungan / waduk serayu ini membendung aliran sungai serayu dan dimanfaatkan untuk mengairi persawahan yang berada di kabupatan kebumen, cilacap dan sebagaian kebumen. Tidak hanya itu, debit air yang begitu besar juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Terbukti dengan adanya pembangkit listrik PLN yang berada di sekitar bendung gerak tersebut.

Bendung Gerak Serayu
Bendung Gerak Serayu

Pemandangan sekitar Bendung Gerak Serayu

Kebetulan waduk serayu ini berada di dekat rumah nenek yang berada di pinggiran purwokerto, jadi setiap mudik pasti melewati bendungan tersebut. Pemandangan disekitar bendungan sangat indah. Dikelilingi pemandangan pegunungan dan bukit yang berjejer dan hamparan sungai dengan view luar biasa apalagi kalau dilihat dari atas bukit.

bendung gerak serayu bendung-gerak-serayu-2

Disekitaran bendungan ini juga disediakan pedestrian atau tempat berjualan makanan dan oleh-oleh. Tempat ini menjadi sangat ramai ketika musim mudik hari raya idul fitri. Tempatnya sangat strategis dan pasti terlewati oleh para pemudik lebaran dan kebanyakan memanfaatkannya untuk sekedar istirahat perjalanan atau memang benar-benar khusus menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan disekitar waduk serayu ini.

Naik sedikit lagi keatas bukit di seberang bendungan, bisa kita lihat ada rel kereta api yang dibangun menembus bukit. Karena penasaran, saya langsung saja naik keatas bukit yang ternyata harus melewati perkampungan dulu untuk bisa keatas. Dan diatas bukit itu ternyata adalah makam warga 😀 tapi gak apa lah… yang penting bisa melihat kereta api berjalan cepat menembus bukit.

jalur kereta api tembus bukit, bendung gerak serayu
Kereta melintas menembus bukit

Kawan, kalau kebetulan melintasi perbatasan purwokerto, banyumas dan cilacal ini, bisa menyempatkan diri untuk melihat sejenak untuk melepaskan lelah sambil menikmati keindahan alam sekitar bendungan ^__^b

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here