10 panduan menyusun rencana traveling

Step by step guide to planning a trip

1
818

Menyusun rencana traveling sangat diperlukan sebelum bepergian wisata atau urusan lainnya. Tentunya agar semua rencana bisa dipenuhi dan tidak ada yang tertinggal. Akan sangat menyesal jika ada beberapa rencana tidak terealisasi hanya karena kurangnya persiapan yang kita lakukan.

Berikut ini 10 panduan menyusun rencana traveling:

1. Tentukan tujuan (Destination)

Tentukan tujuan trip / traveling yang anda inginkan. Cari tahu ada apa saja disana, tempat-tempat atau event apa yang menarik untuk dikunjungi. Kalau memungkinkan, tanya seorang teman yang pernah kesana. Carilah informasi selengkap-lengkapnya, hal ini sangat penting supaya tidak kecewa setelah perjalanan.

2. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Pastikan anda membawa identitas yang pasti (minimal KTP). Jika anda bepergian keluar negeri, pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti passport dan visa sudah aman. Check validity dan masa berlaku nya minimal lebih dari 6 bulan ketika perjalanan ke negera yang dituju.

Jika bepergian bersama pasangan (istri), ada beberapa hotel di daerah yang mensyaratkan surat / buku nikah. Jadi kalau pergi bersama istri, its worth to bring your buku nikah ^__^.

3. Tentukan Itinerary traveling

Tentukan berapa lama anda akan bepergian. Kalau perlu tukar mata uang bisa segera disiapkan sebelum berangkat atau temukan dimana tempat terbaik untuk menukar uang. Pelajari bahasa lokal yang dipakai (terutama jika keluar negeri dan desa terpencil).

Yang lebih penting lagi adalah membuat itinerary sebelum berangkat. Itinerary penting agar agar our day to day travel lancar. Dan tentunya agar tidak ada hal menarik yang terlupa atau tertinggal untuk datangi. Ini adalah contoh itinerary yang pernah saya buat (link).

4. Budget

Sebelum berangkat, pelajari berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perjalanan. Berapa banyak biaya penginapan, tiket pertunjukan dan wisata, tempat makan. Hitung semua biaya harian yang akan dikeluarkan. Mengetahui semua biaya akan sangat membantu mengira-ngira berapa besar budget yang harus kita keluarkan. Dan tentunya agar tidak membuat kita bangkrut setelah traveling, hehehe…

menyusun rencana traveling
10 step by step guide to planning a trip

5. Persiapkan akomodasi

Pesanlah semua akomodasi didepan sebelum berangkat. Cari tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata yang kita kunjungi. Tempat menginap yang dekat membuat biaya transport lebih murah. Dan tentunya waktu waktu yang ditempuh menjadi lebih cepat. Jika anda merencanakan trip dalam waktu yang lama, pesan akomodasinya hanya untuk beberapa hari pertama saja. Selebih nya bisa direncanakan sambil jalan sewaktu disana. Hal ini memberikan kesempatan siapa tahu kalau berubah pikiran geser tempat wisata lain.

6. Tiket perjalanan

Siapkan tiket pesawat / kereta / bus, pesan dari travel agent yang terpercaya. Agar kita aman dari pembatalan sepihak. Untuk mudah nya, sekarang banyak penyedia aplikasi pembelian tiket online / mobile. Seperti traveloka.com, booking.com, tiket.com yang kredibilitasnya sudah terjamin.

7. Siapkan uang Cash

Kemanapun anda pergi, pastikan anda mempunyai uang cash (dg mata uang lokal jika anda pergi keluar negeri). Minimal persiapan untuk hari pertama traveling. Uang cash mungkin diperlukan untuk membayar taxi atau ditempat yang tidak menyediakan pembayaran dengan kartu.

8. Vaksin jika diperlukan

Beberapa negara menyaratkan untuk melakukan vaksin sebelum memasuki negaranya. Ini akan melindungi kita dari wabah ketika traveling.

9. Asuransi

Travel insurance merupakan hal yang kita butuhkan dalam perjalanan. Kita tidak akan pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Dan kebanyakan asuransi kesehatan tidak mengover kita ketika bepergian, terutama jika keluar negeri.

10. Bagasi

Pastikan membawa barang bawaan seperlunya, untuk berapa lama anda pergi dan apa saja yang dibutuhkan. Membawa barang berlebihan akan menyulitkan sewaktu bepergian. Jika traveling kita memerlukan transportasi pesawat, pastikan bagasi tidak lebih dari 23kg. Pack less than that if you want to bring some souvenirs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here